7 Tips merawat furniture kayu dengan mudah dan cepat

mahakarya furnindo
mahakarya furnindo

Perabotan rumah tangga tak jarang menggunakan bahan yang terbuat dari kayu, seperti meja kayu, kursi kayu, rak kayu, meja makan kayu. Bahkan ada yang yang menggunakan kayu-kayu khusus furnitur yang bisa dibilang sangat mahal, namun banyak orang yang menyukainya. Furnitur kayu klasik memiliki desain bermacam-macam dan memiliki lekuk hingga pola yang sangat khas.

mahakarya furnindo

Namun, kamu tak perlu khawatir untuk menjaga furnitur kayu klasik agar tetap awet. Banyak cara dan terbilang sangat mudah kamu terapkan, sehingga menjaga furnitur tersebut tidak cepat rusak. Menjaga furnitur kayu agar awet merupakan harapan banyak orang, apalagi rentang dengan kerusakan karena termakan usia dan juga karena jarang dirawat.

Demi menjaga furnitur kayu klasik, kamu bisa intip tips-tips merawat furnitur kayu klasik agar tetap awet di bawah ini, Senin (22/2).

1. Gunakan air hangat dan sabun cuci piring ringan.
Untuk membersihkan perabot kayu kamu seperti meja kayu atau rak kayu, cukup menggunakan air hangat dan sabun cuci piring ringan. Membersihkan perabot dengan air tidak akan merusak perabotmu, tapi kamu tetap harus berhati-hati untuk tidak merendamnya. Gunakan sikat gigi bekas untuk daerah yang sulit dijangkau air. Lap kotoran dengan kain lembut atau handuk kertas sampai bersih. Kemudian keringkan dengan kain lembut.

2. Gunakan pasta lilin yang lembut.
Oleskan lapisan pasta lilin tipis pada perabot kayu kamu. Tunggu lima menit dan sikat dengan lembut menggunakan sikat lembut. Tunggu 30-60 menit, kemudian sikat ulang. Kamu akan melihat perabot kamu akan bersinar kembali.

3. Jauhkan furnitur kamu dari sinar matahari.
Suhu matahari musim panas yang datang melalui jendela bisa merusak perabot kayumu. Sinar matahari dapat memudarkan dan menghancurkan perabot tersebut dari waktu ke waktu.

4. Jangan letakkan furnitur kayu dekat unit pemanasan atau ventilasi.
Panas yang kering akan menyebabkan kayu kering dan menyusut, dan juga meninggalkan retakan. Jadi, jangan letakkan furnitur kayu di dekat unit pemanasan dan ventilasi.

5. Untuk memperbaiki dengan cara cepat, gunakan semir sepatu.
Gunakan sesuai warna semir sepatu yang sesuai dengan warna kayu. Hati-hati menggunakan pencocokan warna semir sepatu pada penggunaan pertama kali. Cara ini merupakan paling mudah dan cepat untuk memperbaiki perabotan kayu seperti rak, meja, kursi kayu.

6. Gunakan cat logam berkualitas.
Bila ada bagian yang terbuat dari logam, kamu bisa melepasnya dan memolesnya dengan cat logam. Setelah digosok dan menaruhnya kembali, berhati-hatilah untuk tidak menggores permukaan kayu.

7. Kayu tak perlu polesan-polesan minyak yang tak penting.
Kayu tidak dapat makan atau dipelihara atau diperkaya dengan polesan atau minyak. Polesan dan minyak tidak akan menembus tekstur kayu. Lebih baik kamu merawat kayu tersebut daripada mengolesinya dengan minyak.

sumber : Brilio.net

29 Juni 2018 admin mahakarya" class="author">admin mahakarya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *